Umur Bumi memang sudah tua, perkiraan terbaru (Gradstein et al., 2004 – Geologic Time Scale 2004, Cambridge) adalah 4560 juta tahun. Sejak dikenalnya ilmu mengenai iklim, para ilmuwan telah mempelajari bahwa ternyata iklim di Bumi selalu berubah dan bahkan kutub magnetic bumi juga selalu berubah (rata-rata setiap 500.000 tahun sekali medan magnet Bumi berubah arah)

Dari studi tentang jaman es di masa lalu menunjukkan bahwa iklim  berubah dengan sendirinya dan terjadi secara radikal. Entah itu disebabkan Meteor jatuh? perubahan posisi terhadap matahari?  Gunung meletus yang menyebabkan awan asap? Perubahan arah angin akibat perubahan struktur muka Bumi dan arus laut? Atau karena komposisi udara yang berubah? dan sebab2 lainnya

Seperti makhluk hidup yg mendiaminya, bumi selalu berubah, perubahan ada yg berasal dari internal ibu bumi sendiri, dan ada yg disebabkan dari external; para penghuni bumi. Mungkin dihari bumi ini, yg ingin gw ajak adalah bukan perdebatan global warming itu memang siklus bumi (manusia hanya membantu mempercepatnya ) atau global warming adalah murni karna ketidak pedulian manusia…

Kenyataan global warming sekarang terjadi, bumi sedang dalam fase perubahaaan (setelah sekian ratus tahun relative stabil), bila perubahan itu terjadi karna factor internal, kita sbg penghuni bumi hanya bisa beradaptasi. Missal: menjadi lebih awas, lebih alert memperhatikan gejala2 alam, jgn hanya ditempat tinggal kita, tapi juga di tempat tinggal sodara2 kita yg lain..

Dan bila perubahan itu karna factor eksternal, kita harus memperbaiki diri. Menurut gw kampanye anti kantong plastic menjadi kurang impactnya bila tanpa disertai kampanye prog KB. Bayangkan berapa banyak sampah yg telah anda hasilkan semenjak anda lahir sampai sekarang?

Kampanye anti gas2 rumah kaca, juga menjadi kehilangan makna bila perang terus berlanjut, bila manusia tidak mau duduk sejajar berdiskusi bersama2 dalam mencari win-win solution untuk semua permasalahan.

hh….Apa yg kita bisa lakukan untuk bumi?!

Mungkin bisa dimulai dari perilaku kita sehari2 dalam meminimalisir sampah dan gas emisi, mungkin dapat juga dengan mengikuti program kb 😛

“dua anak  saja demi masa  depan  tanpa  polusi, tanpa persaingan yg membuat stress, tanpa kemacetan  lalu-lintas, tanpa  pengangguran, tanpa  kemiskinan,  tanpa  harus  hidup  berhimpit dalam kampung kumuh/rumah susun, tanpa transmigrasi,  tanpa  penggusuran,  tanpa  cemas  kehamilan, tanpa pengguguran,…”

Mari sama2 kita jaga bumi ini, karna sampai kini belum ditemukan planet seunique bumi kita tercinta ini

Selamat hari bumi!!

Oh ya dan selamat juga buat ryma, yg hari jadiannya bertepatan dgn hari bumi ini 😀