imagesIni kenikmatan sebagai seorang muslmini yg hanya bisa gw dapatkan kurang dari sebulan (secara gw ce, so bnyk halanganya gitu loch) dalam satu tahun…

Aktivitas ini sangat gw suka,dan gw tunggu2 setiap tahunnya. rasanya rugiii bgt klo gak sempet/gak bisa taraweh di mesjid, bahkan kadang2 saya memposisikan agar jadwal undangan2 BuBar terjadi pada saat saya “berhalangan” 😛

Apa yg menarik dari taraweh di mesjid (terlepas dari memang anjuranNya agar meramaikan mesjid, terutama di bulan penuh berkah ini) adalah:

  • Penceramah

Berhubung saya selalu tarawih dimesjid sekitar rumah, so sering kali penceramahnya tuh bukan penceramah professional, lucu ajah ngeliat gayanya yg aneh dan kikuk. Ada yg bener2 baca, ada yg sambil tergagap2, ada yg diulang2, ada yg marah2 gak puguh (mungkin niat awalnya mah berapi2, tapi keluarnya jadi kayak orang marah 😛 ) dll. Tentu saja kegelian itu saya tahan dalam2, bagaimanapun juga gak gampang public speaking tuh, apalagi ini mesti dipertanggungjawabkan kepadaNya.

Tapi ada juga yg bagus bgt, seperti malam tadi, cuma membaca suatu ayat tentang keutamaan shalat, dan kemudian dilanjutkan dengan penjelasan bhw: “jadi yg pertama dihisab tuh sholat, so gak perduli kamu mo berjenggot, bepeci kemana2, bercadar, dll , yg pertama dinilai adalah sholatnya, yg lainnya menyusul.

udah…Sekian dan terima kasih

Bener2 singkat, padat dan jelas, Cuma 3 menit, love it!!

  • Mesjid

Saya beruntung, rumah saya dikelilingi mesjid, so setiap kali saya saya selalu mencoba mesjid2 yg berbeda. Sebetulnya mesjid dimana2 tentu saja sama, yg membedakannya adalah genre umat yg pergi kesana,dan factor inilah yg mempengaruhi semuanya mulai dari jum rokaat sholat tarawih , surat2nya, dan khotibnya.

Setelah mencoba antara yg genre anak muda (didominasi mahasiswa) dgn genre emak2 (usia ibu2 sampai usia nenek2), terus terang gw merasa lebih nyaman dengan yg genre emak2 :P, itu karena di Genre anak muda, seringkali :

    • isi ceramahnya seringkali terlalu “gitu”, pengen didebat jadinya 😛
    • bacaan solatnya panjang2 ( mungkin karna para mahasiswa yg notabene anak kost-an itu gak punya tanggung jawab untuk pulang cepet buat ngasuh anak, suami n siap2 buat masak sahur nanti –meskipun disisi lain gw kagum dgn kemampuannya mengapalkan surat2 yg panjang itu, dan suaranya yg merdu ketika melafalkan ayat2 suci tsb)
    • meraka biasanya datang berkelompok, so ngeliat gw yg sering kali pergi ke mesjid sendirian dan” bergaya seperti keseharian gw”, mrk suka ngeliatin sambil bisik2 gitu, hmm….mungkin mereka gak bermaksud buruk, dan mungkin gwnya ajah yg perasa, -who knows, right?! Beauty can be curse :p
    • klopun ada ibu2, paling ibu2 muda, dgn anak sekitar 3-6tahunan. Dan tau kan anak umur segitu?! Ngobrol sih belum bener, tapi lasak bgt. Satu waktu ada yg ngintip2 muka gw setiap gw ruku. Ada yg tidur di punggung gw pas gw sujud, dan yg paling parah yg lari muter-muter ngelilingin shaft, dan kacamata gw ampir keinjek jadinya (dan ternyata itu anaknya temen SD gw, tau gitu mah, dari tadi udah gw marahin :P)

sedangkan klo yg genrenya emak2, tingkahnya beda lagi:

    • hobinya ngajak ngobrol n curhat tntng keluarganya. Tahun2 dulu sih gak masalah, tapi karna tahun ini agenda gw pas khotib ceramah adalah bacain Oma yasiin (minimal 1x per tarawih), so terpaksa gw Cuma memberikan senyum-don’t-disturb-me-please.
    • Klo ada remaja2/anak2 yg ribut ngobrol or kadang2 gak witir, habis diomelin ama emak2 itu (he he he he, you go girl!!)
    • Ayat2 yg dibaca relative lebih pendek, tapi kemerduan bacaannya gak kalah kok sama yg muda 😉
    • Sayangnya seringkali ceramah dilakukan dgn bahasa sunda super lemes, gak ngerti deh isinya apaan… 😦

Ah..sebentar lagi bulan ini akan segera berlalu, rasanya belum apa2 gw udah merasa kehilangan.

Yah semoga disisa malam2 terakhir Ramadan ini, kita semua mendapat berkah lailatur Qadar dan dapat bertemu kembali di bulan Ramadhan tahun depan

Amiin.. 🙂